Mengenai Saya

Foto saya
Br Parekan, sibanggede, abiansemal, badung-bali, Indonesia
OM SWASTYASTU "OM AWIGNAM ASTU NAMA SIDYEM"

Senin, 04 Maret 2013

teknik ac



Analisis dan teknik memperbaiki AC

1.Penyebab AC Tidak Dingin
Air conditioner merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga temperatur sebuah ruangan agar selalu dalam kondisi nyaman untuk tubuh, dengan kata lain air conditioner ketika temperatur diluar ruangan tinggi berfungsi untuk menurunkan temperatur didalam ruangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab ac tidak dapat mendinginkan ruangan yang sering terjadi kususnya pada sistem refrigran:
  1. Evaporator Kotor
    Evaporator merupakan komponen mesin pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas dari dalam ruangan menuju luar ruangan dengan media refrigran sebagai perantara. Evaporator yang kotor akan mengakibatkan penyerapan panas tidak maksimal sebab sirkulasi udara terhalang oleh kotoran yang menempel pada filter udara dan evaporator. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pencucian filter udara biasanya dilakukan setiap seminggu sekali dan service cleaning untuk membersihkan evaporator setiap 3 bulan sekali
  2. Kondensor Kotor
    Kondensor merupakan komponen dalam sebuah sistem refrigran yang berfungsi untuk membuang kalor yang telah diserap oleh refrigran melalui evaporator. Jika kondensor kotor menyebabkan udara tidak dapat melewati kondensor dengan baik maka temperatur pada kondensor akan terus naik sebab tidak terjadi perpindahan kalor dari refrigran ke lingkungan.
    Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan service cleaning untuk membersihkan kondensor harus dilakukan setiap 6 bulan sekali.
  3. Refrigran ( Freon ) Berkurang
    Refrigran atau yang sering disebut freon merupakan zat yang sangat penting dalam sistem refrigran sebab memiliki fungsi sebagai media untuk memindahkan hawa panas dari dalam ruangan menuju luar ruang. Maka dari itu ketika refrigran kurang akan mengakibatkan proses penyerapan panas tidak terjadi pada seluruh bagian evaporator sehingga mengakibatkan ac tidak dingin maksimal. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penambahan freon, namun jika freon berkurang lebih dari setengah maka kemungkinan terjadi kebocoran biasanya pressure Freon 60 psi – 65 psi tergantung jenis dan tipe ac dan tergantung dari ampere ac/tegangan listrik
  4. Kompresor Lemah
    Kompresor merupakan komponen yang paling berpengaruh dalam sistem pendingin sebab memiliki fungsi untuk mensirkulasikan refrigran sehingga dapat terjadi perpindahan kalor dari dalam ruangan menuju luar ruangan. Jika kompresor lemah akan mengakibatkan sirkulasi refrigran lebih lambat dari keadaan normal, sehingga mengakibatkan perpindahan kalor juga ikut lambat. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan perbaikan atau pengantian kompresor. Kompresor lemah dapat disebabkan oleh mekanik, lilitan atau komponen pendukung seperti oli dan kapasitor.
  5. Relay di indoor unit tidak mengirim power ke out door ac sehingga out door tidak bekerja dan gantilah relay di pcb indoor
  6. Capasitor compressor rusak / lemah gantilah kapasitornya menurut besar – kecilnya ac.
  7. Capasitor fan yang menyebabkan kalor / energy panas yg di hasilkan oleh compressor tidak terbuang dan mengakibatkan over heat/ over load pada kompresor.

Penyebab Hembusan Udara Pada AC Kurang Kencang
Air Conditioner atau AC merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur udara agar nyaman untuk manusia, salah satu fungsinya adalah untuk mensirkulasikan udara. Jika udara yang dihembuskan oleh ac kurang kecang maka akan mengakibatkan proses sirkulasi udara tidak lancar dan proser pendinginan menjadi terhambat. Berikut ini beberapa penyebab hembusan udara pada ac ruang kurang lancar yang sering terjadi:
  1. Evaporator Kotor
    Evaporator merupakan alat yang berbungsi menghisap panas dari dalam ruangan, posisi evaporator terletak pada bagian hisap blower sehingga jika evaporator kotor akan mengakibatkan sirkulasi udara terhambat.
  2. Blower Kotor
    Blower merupakan alat yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara, sehingga ketika sirip-sirip blower tersumbat oleh kotoran hal ini akan mengakibatkan blower tidak dapat mensirkulasikan udara dengan baik.
  3. Motor Blower Rusak
    Motor fan atau motor blower berfungsi untuk memutar blower, maka jika motor fan mengalami kerusakan akan mengakibatkan putaran blower menjadi lambat bahkan sampai tidak berputar sama sekali.
  4. Kapasitor Motor Fan Rusak
    Kapasitor merupakan alat yang berfungsi untuk menimbulkan beda fasa sehingga putaran fan dapat terjadi karena lilitan bantu dan lilitan utama memiliki perbedaan fasa. Jika kapasitor rusak maka akan menyebabkan putaran motor fan menjadi lambat atau berhenti total coba di putar pake tangan kalau bias berarti kapasitor fan rusak dan segeralah diganti menurut besar kecilnya motor fan
  5. Pemasangan Indoor Unit Yang Terlalu Keatas
    Pemasangan indoor unit yang terlalu dekat dengan atap akan mengakibat proses penghisapan udara menjadi tidak maksimal, sehingga jumlah udara yang dihembuskan menjadi berkurang.
Demikianlah penyebab hembusan udara pada AC Split kurang kencang yang sering terjadi.

Tidak ada komentar: